Ahad, 12 Oktober 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Awal 2025, Penjualan Toyota Tumbuh 4,4 Persen

Awal 2025, Penjualan Toyota Tumbuh  4,4 Persen Toyota/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Toyota Indonesia membukukan hasil positif di awal tahun 2025 dengan penjualan secara wholesales mencapai 46 ribu unit pada periode Januari-Februari atau tumbuh 4,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pencapaian ini menguatkan posisi Toyota sebagai pemimpin pasar dengan pangsa pasar terbesar secara Nasional, yakni 34,6 persen, sedikit meningkat dibandingkan periode yang sama pada 2024.

“Pangsa pasar juga masih bertahan sebagai pemimpin pasar, di periode Januari-Februari, wholesales based sedikit meningkat 34,6 persen,” kata Direktur Marketing Toyota-Astra Motor (TAM) Jap Ernando Demily.

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Meskipun begitu, ekspor Toyota mengalami sedikit penurunan pada 2024 dengan total ekspor sebanyak 276 ribu unit atau turun dibanding tahun 2023 mencapai 290 ribu unit.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) Bob Azam mengungkapkan pelemahan pasar global, terutama dampak perang Ukraina yang memengaruhi energi di Eropa, turut menurunkan permintaan dan memengaruhi ekonomi dunia.

Beberapa negara tujuan ekspor beralih dari CBU (Completely Built Up) menjadi CKD (Completely Knocked Down). Namun, kontribusi Toyota terhadap devisa Indonesia tetap signifikan dengan ekspor mencapai 3 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp49,5 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

Mengenai ekspor mobil elektrifikasi, seperti Innova Zenix dan Yaris Cross, menunjukkan lonjakan yang signifikan dengan peningkatan hampir 111 persen pada 2024, dari 8.700 unit di 2023 menjadi 18.700 unit.

“Jadi tidak sia-sia pemerintah memberikan tambahan insentif mobil hybrid di domestik karena rupanya bisa mendorong ekspor juga,” ujarnya.

Toyota terus melakukan ekspansi ke berbagai pasar, termasuk Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia Tenggara.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Meskipun tantangan global terus berlanjut, pabrikan Jepang ini berfokus pada peningkatan efisiensi dan produktivitas untuk mempertahankan daya saing di pasar global, sembari menanggapi permintaan yang terus berkembang untuk kendaraan hemat energi.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV